Pendidikan untuk Indonesia yang lebih baik

   
    Indonesia adalah sebuah bangsa yang sudah merdeka sejak 1945, kita pahami dari masa lalu Indonesia. Kita semua warga Indonesia pasti mempunyai banyak harapan untuk menjadikan Indonesia yang lebih baik. Disni saya ingin mejelaskan salah satu saya untuk menjadikan Indonesia yang lebih baik. yaitu,

Pendidikan berbasis Internasional

   Beberapa kejuaraan internasional telah kita raih. Baik Olimpiade hingga kontes dalam bidang teknologi. Namun, hal itu rupanya belum juga berhasil meningkatkan pendidikan taraf rata-rata tingkat pendidikan nasional. Pendidikan kita masih dianggap tertinggal jauh dengan negara-negara berkembang lainnya. 
   Pendidikan, Go Internasional disini bukan hanya sebatas beberapa orang mencetak prestasi di tingkat internasional. Akan tetapi hal ini lebih cenderung terhadap pelaksanaannya, yaitu sistem pendidikan kita yang harus lebih dikembangkan lagi. Jika kita lihat, banyak perbedaan yang dapat kita lihat dalam pelaksanaan sistem dan praktik dalam pendidikan Indonesia. Meskipun merubah paradigma pendidikan merupakan suatu hal yang sangat sukar, namun tidak ada salahnya jika ada beberapa target yang perlu kita tuliskan.
   Berkaitan dengan sistem pendidikan, terutama kurikulum, saya rasa kurikulum yang ada saat ini masih kurang mampu mengembangkan konsep siswa. Oleh karena itu, perlu adanya sistem yang menerapkan belajar memahami konsep, bukan belajar untuk menghafal. Salah satu caranya adalah pendidikan spesifik, maksudnya disini adalah pendidikan dengan sistem yang mencontoh beberapa negara maju. Setiap anak dididik untuk menguasai suatu bidang ilmu hingga benar-benar menguasai dan mampu mempraktekkannya. Jadi ada sedikit perbedaan dengan apa yang ada di Indonesia saat ini, yang mana siswa benar-benar dituntut untuk dapat mengetahui hampir semua pengetahuan. Hal tersebut tentunya kurang efektif dalam mengembangkan kreativitas dan pola pikir, karena pendidikan seolah malah menjadi beban, bukan menjadi minat dan keinginan dari siswa itu sendiri.
   Hal tersebutlah yang mengantarkan konsep pendidikan, Go Internasional. Selain prestasi, namun metode yang diterapkan pun sebaiknya mencontoh negara-negara dengan taraf pendidikan tinggi. Namun, hal ini perlu peran serta dari seluruh komponen masyarakat, pemerintah, dan siswanya sendiri. Jika bersungguh-sungguh pasti suatu saat nanti konsep ini bukan hanya sekedar konsep, tapi benar-benar terwujud sebagai impian yang menjadikan bangsa kita lebih baik.

Sumber :




Previous PostPosting Lama Beranda

0 komentar:

Posting Komentar